Hakekat Pendidikan
3/25/2016
Add Comment
HAKEKAT PENDIDIKAN
HAKEKAT PENDIDIKAN
1. Konsepsi Pendidikan Sebagai
sistem
Pendidikan sebagai sistem merupakan karya dan manusia yang
dilakukan sebagai tanggung jawab bersama dan berlangsung dalm suatu pola
kehidupan tertentu.Mudyadharjo menyimpulkan
bahwa bentuk masukan dalam sistem pendidikan dapat berupa informasi
(pengetahuan, nilai-nilai, dan cita-cita), tenaga (penduduk dan tenaga kerja)
dan barang (sarana pendidikan dan sarana perlengkapan).
2. Konsepsi Pendidikan Di
Indonesia
Sistem pendidikan nasional dilaksanakan secara semesta,
menyeluruh dan terpadu : semesta dalam arti terbuka bagi seluruh rakyat dan
berlaku di seluruh wilayah negara; menyeruluh dalam arti mencangkup semua jalur
, jenjang dan jenis pendidikan; terpadu dalam arti adanya saling keterkaitan
antar pendidikan nasional dengan seluruh usaha pembangunan nasional.
3. Komponen-Komponen atau
faktor-faktor pendidikan
4. Tripusat Pendidikan
Menurut ki hajar dewantara , bahwa anak-anak hidup dalam 3
alam atau lingkungan
1. Lingkungan keluarga
2. Lingkungan perguruan
3. Lingkungan perkumpulan
pemuda
5.Kebutuhan manusia akan pendidikan
Kita ketahui bahwa seorang bayi
yang baru lahir telah mulai dengan sejumlah permasalahan. Ia merasa lapar,
haus, basah, dan sebagainya.Dalam keadaan tidak berdaya dan serba ketegantungan
ini anak manusia sejak di lahirkan telah di bekali potens (kemampuan, kesanggupan,
daya)
Tujuan pendidikan indonesia
antara lain membentuk manusia seutuhnya, yaitu memanusiakan manusia. Manusia
akan menjadi manusia jika ia hidup dan di besarkan dalam lingkungan manusia.
LANDASAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
A.
PERKEMBANGAN ANAK
1.
PENGERTIAN PSIKOLOGI
Psikologi adalah ilmu
yang mempelajari tentang jiwa, ruh, atau
mental, tetapi yang dipelajari oleh psikologi bukan jiwanya manusia, melainkan
gejala-gejala jiwa yang terwujud dalam pola tingkah laku atau perbuatan yang
dilakukan oleh manusia.
2. Psikologis ebagai
kegiatan manusia
Pendidikan adalah usaha dalam membantu
pertumbuhan dan perkembangan anak melalui latiha belajar.
3. Pekembangan anak
a) Tingkat perkembangan
umum anak sesuai dengan usianya.
b) Kemampuan dan kesiapan
individu anak dalam belajar
4. Pengertian pertumbuhan
dan perkembangan
Pertumbuhan adalah perubahan yang bersifat
material dan kuantitatif.
Perkembangan adalah perubahan yang bersifat
fungsional dan kualitatif.
5. Prinsip-prinsip
perkembangan
a) Perkembangan merupakan
proses yang terus-menerus, berlangsung sejak anak dalam kandungan hingga ia
meninggal.
b) Setiap anak adalah
individu, berkembang dalam taraf individunya
c) semua pertumbuhan
saling berhubungan.
6. Hakekat perkembangan
anak
·
Menurut aliran asosiasi
Menurut
aliran ini, anak dilahirkan dalam keadaan suci bersih bagaikan kertas putih.
Melalui pengalaman, kertas itu sedikit demi sedikit akan tertulis. Pengalaman
ada yang berasal dari dalm diri individu, dan pengalaman ini akan menimbulkan
refleksi-refleksi (pencerminan, renungan), dan pengalaman dari diri individu
akan menimbulkan sensasi-sensasi (perasaan, pengertian).
·
Menurut aliran Gestalt
Aliran ini
mengaggap bahwa sruktur kepribadian terdiri dari lapisan-lapisan (strata). Anak
yang masih kecil kondisi psikisnya masih satu lapis, karena iti anak kecil
berprilaku polos, apa yang tampak keluar itulah yang ada dalam batinnya.
·
Sosiologis
Proses
sosialisasi berlangsung sejak anak lahir, dimulai dari dalam bentuk imitasi
(peniruan), kemudian adaptasi (penyesuaian) lalu seleksi (pemilihan).
7. Faktor-faktor yang
mempengaruhi anak-anak
·
Aliran nativisme
·
Aliran naturalisme
·
Aliran empirisme
·
Aliran konvergensi
8. Fase-fase perkembangan
:
§ Tingkat sensorimotorik
(0-2 thn)
§ Pra-operasional (2-6
thn)
§ Tingkat operasinal
konkrit (7-11 thn)
§ Tingkat operasinal
formal (12 thn keatas)
9. Tugas-tugas
perkembangan
Didalam
tugas perkembangan ini, orangtua, pendidk, lingkungan dan diri anak sendiri
mempunyai peranan yang menentukan dalam rangka menyelesaikan tugas perkembangan
tersebut.
A. Pengertian tugas
Perkembangan
Tugas perkembangan
adalah sejumlah tugas yang muncul pada suatu fase perkembangan tertentu dalam
kehidupan individu.
B. Tugas perkembangan
pada anak usia SD
1. Belajar keterampilan
yang di perlukan
2. Mengetahui permainan
yang biasa
3. Membangus sikaf secara
keseluruhan terhadap diri sendiri
4. Belajar dengan teman
sebaya untuk memperoleh kemajuan
5. Mempelajari peranaan
seseorang menurut jenis kelamin
6. Mengembangkan
ketermpilan-keterampilan mental seperti membaca , menulis, dan menghitung
7. Mengembangkan
konsep-konsep yang penting dalam kehidupan sehari-hari
8. Mengembangkan kata
hati, moral dan ukuran nilai-nilai
9. Mengembangkan sikaf
kearah kelompok sosial dan institusi sosial lainnya
0 Response to "Hakekat Pendidikan"
Post a Comment